3 Kerajaan terbesar di wilayah Asia Tenggara

Selasa, 14 Mei 2013 20.05 by Gilang Bayou
Kerajaan terbesar di wilayah Asia Tenggara Tahukah kalian bahwa Kerajaan terbesar di wilayah Asia Tenggara adalah
 1. Kerajaan Majapahit
 2. Kerajaaan Sriwijaya
 3. Kerajaan Khmer

 A. Kerajaan Majapahit
Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan terbesar di Asia Tenggara yang sudah para pembaca ketahui. Kekuasaanya pun sampai bisa mengalahkan kekuasaan kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Khemr. a. Sumber-sumber sejarah Kerajaan Majapahit : 01. Prasasti Kudadu 02. Prasasti-prasasti peninggalan raja Majapahit 03. Kitab Negarakertagama 04. Kitab Pararaton 05. Buku-buku Kidung seperti Ranggalawe, dan Sundayana 06. Berita-berita Cina seperti kitab Ying Yai Sheng Lan b. Terciptanya Kerajaan Majapahit Berawal dari hancurnya Kerajaan Singasari, Raden Wijaya beserta pengikutnya berlari dari kejaran tentara Kediri. Setelah sampai di desa Kudadu mendapat bantuan dari kepala desa, lalu melanjutkan perjalanan menuju ke Madura dan meminta petindungan dari Aria Wiraraja. Raden Wijaya diminta untuk berpura-pura menyatakan takluk, sesudah dipercaya Jayakatwang agar minta daerah di hutan Tarik. Di hutan Tarik, Raden Wijaya pun mendirikan kerajaan yang sekarang kita kenal dengan nama Majapahit. c. Raja-raja yang pernah memerintah kerajaan Majapahit · Raden Wijaya (1293 – 1309 M) · Jayanegara ( 1309 – 1321 M) · Tribuwanatunggadewi (1328 – 1350 M) · Hayam Wuruk (1350 – 1389 M) · Ratu Kusumawardhani (1389 – 1429 M)

B. Kerajaan Sriwijaya
Kerajaan yang berdiri sekitar abad 7 M ini terletak di Sumatra Selatan dan menjadi pusat agama Budha di Asia Tenggara yang bersumber dari I- Tsing seorang musafir Cina yang mempelajari agama Budha di Sriwijaya. Beberapa prasasti peninggalan Sriwijaya : a. Prasasti Kedukan Bukit b. Prasasti Karang Brahi c. Prasasti Kota Kapur d. Prasasti Talang Tuo e. Prasasti Telaga Batu f. Prasasti Ligor g. Prasasti Bukit Siguntang h. Prasasti Palas Pasemah Inilah penjelasan tentang

C.Kerajaan Khmer
Kerajaan Khmer, merupakan kerajaan bangsa Khmer yang berdiri pada 802 - 1432 M. Kerajaan Khmer merupakan kerajaan terbesar di Asia Tenggara, yang berpusat di wilayah Kamboja. Kerajaan ini, memisahkan diri dari Kerajaan Chenla, dan pernah memerintah daerah-daerah yang sekarang ini termasuk wilayah Laos, Thailand dan Vietnam. Jayawarman II (802-850) yang mendirikan kerajaan ini, adalah seorang pangeran yang pernah tinggal di keraton Wangsa Syailendra di Jawa Tengah. Selama masa pembentukannya, Kerajaan Khmer memiliki hubungan kebudayaan, politik dan perdagangan yang intensif dengan Jawa, dan kemudian denganKerajaan Sriwijaya yang terdapat di sebelah selatan batas wilayah Khmer. Peninggalan terbesarnya adalah Angkor, yang merupakan ibukota ketika kerajaan mencapai puncak kekuasaannya. Pada tahun 1431 atau 1432, Kerajaan Ayutthaya menyerang Kerajaan Khmer dan berhasil mengalahkannya serta menaklukkan Angkor. Keluarga kerajaan Khmer kemudian pindah ke Phnom Penh. Raja Barom Reachea I (1566-1576) sempat sementara mengalahkan bangsa Thai, dimana sebagian keluarga kerajaan kembali ke Angkor. Perseteruan kekuasaan antara Angkor dan Phnom Penh, serta kemunduran perekonomian pada akhirnya meruntuhkan Kerajaan Khmer. Phnom Penh sebagai pewaris Kerajaan Khmer, pada abad ke-17 tumbuh menjadi salah satu pusat perdagangan dan politik di delta sungai Mekong.

2 Response to "3 Kerajaan terbesar di wilayah Asia Tenggara"

  1. Unknown Says:

    Makasih ya gan blog ini sangat membantu saya ...............



    agen tiket murah

  2. Unknown Says:

    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/nyeker-di-pantai-kuta-jokowi-bali-aman.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/perwakilan-imf-wb-bakal-ke-bali-pantau.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/juergen-klopp-ragu-bisa-ikuti-jejak.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At vipkiukiu .net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM

Posting Komentar