Mongol, Bangsa Penyebar Islam Yang Terlupakan (1)

Jumat, 18 Mei 2012 05.24 by Gilang Bayou

Selama ini Islam seringkali identik dengan Arab, mulai dari peradaban sampai penyebar Islam pun, nggak afdhol klo nggak melibatkan Arab. Baik orang maupun budaya-nya. Hingga seringkali terjadi penafikan pada sumbangsih bangsa lain terutama dalam penyebaran Islam.
Cukup mengherankan, bahwa dalam konteks kekinian, kita seringkali tertipu dengan hal-hal yang berbau Arab bahkan kemudian menyakralkan seorang tokoh, hanya karena berwajah arab dan meyakini sebagai keturunan penyebar Islam. Padahal jelas dalam sejarah, bahwa pembawa Islam ke Indonesia lebih didominasi orang-orang China (Cheng Ho), India (dibuktikan dengan gelar “maulana”) , Persia (perdagangan) dan Mongol.
Jika membaca sejarah, selama ini Bangsa Mongol sering identik sebagai penghancur kejayaan dinasti Abbasyiah di Baghdad. Padahal sumbangsih Bangsa Mongol terhadap Islam jauh lebih besar dari apa yang pernah mereka hancurkan.
Emang keturunan Genghis Khan muslim? … Yaghh setidaknya bisa kita lihat dari sisa keturunan keluarga Jenghis Khan, seperti Salman Khan, Sharukh Khan, sampai dwi tunggal India Baddash Khan (teman perjuangan Mahatma Gandhi) :mrgreen:
Para ahli sejarah mempunyai banyak perbedaan pendapat tentang siapa dari kerajaan Mongol yang lebih dulu masuk Islam, yang pasti bukan Genghis Khan. Ada yang berpendapat Chagatai Khan (putra kedua Genghis, penguasau transoxania), Hulagu Khan (Penakluk Baghdad) atau Karachar Nevian (Panglima Perang Chagatai).
Kita sampingkan saja siapa yang Islam pertama kali dari Dinasti Mongol. Setelah sukses menaklukan Baghdad dan mendirikan kerajaan-kerajaan otonom di wilayah yang ditaklukan. Lha ndilalah para raja kerajaan otonom ((Genghis membagi Kerajaannya bagi tiga putranya) ) tadi banyak yang masuk Islam dan memutuskan hubungan dengan Mongol Pusat. Tokoh yang terkenal jelas si Timur Lenk (Tamerlane).
Ada beberap paradoks tentang silsilah Timurlenk dari Genghis Khan. Tapi teori ini lebih mudah dicerna: bahwa kakeknya (Karachar Nevian) seorang panglima yang juga menantu dari Chagatai Khan penguasa Mongol-Transoxania sekaligus bapak Khan sedunia (yang ini kata wikipedia)
Kekuasaan Chagatai-Khan pemberian dari Genghis Khan

Bersambung (klik disini)

0 Response to "Mongol, Bangsa Penyebar Islam Yang Terlupakan (1)"

Posting Komentar